Selasa, 01 Januari 2008

Ada Apa Dengan Kangen Band???

Sejujurnya saya adalah salah satu penggemar Kangen Band. Saya nggak habis pikir knapa banyak orang, termasuk kalangan slebriti, yang mencemooh kehadiran band asal lampung ini. Ada yang bilang kampungan, ada yang bilang norak, ada yang bilang terlalu melankolis, ada juga yang bilang kaya' lagu2 malaysia. Bahkan salah satu penyayi group band yang suka bergaya 70-an mengatakan "Kangen band, please dehh". Lebih parahnya lagi, sebuah group band juga membuat lagu rap yang berisi makian terhadap Kangen Band.

Saya sendiri, sebagai orang yang awam di bidang musik menganggap lagu-lagu yang dibawakan oleh kangen Band cukup easy listening. Saya paling suka lagu kangen band yang judulnya "tentang aku, kau dan dia. Lagu ini cukup enak didengar sekaligus juga menyetuh perasaan saya. Teman-teman saya banyak yang mencemooh saya ketika saya katakan bahwa saya suka mendengar lagu kangen band. Mereka tidak habis pikir dan tidak menduga kalau saya suka lagu kangen band. Di sebuah Blog yg membahas tentang kangen band ada yg memberi komentar "kenapa sih orang-orang Indonesia pada suka musik kangen band?? padahal banyak musik-musik indie yang lebih berkualitas seperti yang ada di LA Lights indiefest". Jawaban saya adalah karena musik-musik indie yg katanya berkualitas itu susah "dicerna" oleh orang-orang yang awam terhadap musik, termasuk saya.

Menurut saya, musik adalah sesuatu yang universal. Mengenai baik atau buruknya kualitas sebuah lagu tentu saja sangat relatif bagi setiap orang. Saya sendiri bukan orang yang berkompeten untuk menilai kualitas sebuah lagu. Namun, saya adalah orang yang menghargai sebuah karya cipta, termasuk lagu-lagu karangan dan yang dibawakan oleh kangen band. Beberapa teman saya yang mencemooh kangen band hanya bisa diam ketika saya tanyakan apakah mereka bisa membuat lagu yang sama atau bahkan lebih baik dari kangen band. Buat saya, lagu-lagu yang dibawakan oleh kangen band sangat "ringan" untuk didengarkan. Perkara lirik lagunya melankolis ataupun orang-orang nya sederhana saya nggak mempermasalahkan. D Saya juga nggak peduli cemoohan teman-teman saya karena saya suka lagu kangen band. Saya orangnya bukan tipe orang yang hanya bisa "membebek" terhadap pendapat yang sedang populer. Buat kangen band, sukses selalu.....

Tidak ada komentar: